Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

SIKAP MENTAL

Para wirausaha merupakan individu-individu yang matang yang telah mengembangkan suatu cara menilai pengalaman-pengalaman secara sehat.
Berikut saran-saran untuk membantu mengembangkan sikap mental yang baik :
1. Tunjukan sikap mental yang positif terhadap suatu pekerjaan, karena sikap tersebut akan ikut andil dalam menentukan suatu keberhasilan. Bangunlah sikap mental yang positif setiap kali Anda mampu untuk membangunkannya, dan tingkatkanlah sikap tersebut.
2. Sediakan waktu beberapa saat setiap hari untuk merenungkan pikiran yang akan memungkinkan terarah pada kegiatan-kegiatan yang berarti.
3. Gunakan imajinasi Anda untuk meluaskan pikiran dan cobalah pikirkan yang besar-besar dan yang baik-baik sehingga akan mempengaruhi langkah Anda dalam mengambil tindakan.
4. Tunjukkan rasa humor yang akan berpengaruh pada orang lain dengan jalan menyebarkan optimisme dan suasana yang santai.
5. Pikiran harus terorganisasi dengan baik dan mampu memfokuskan pada berbagai prolem/ persoalan, sehingga Anda bisa mengatasi masalah Anda dengan dengan baik.
Para wirausaha yang berhasil menikmati pekerjaan mereka dan berdedikasi total terhadap apa yang mereka lakukan. Sikap mental positif mereka mengubah pekerjaan menjadi pekerjaan yang menggairahkan, menarik dan memberi kepuasan.
Faktor-faktor berikut ini berguna bagi wirausaha dalam mengembangkan sikap mental yang positif :
1. Pusatkan perhatian dan gunakan pikiran secara produktif dan juga inovatif untuk menghasilkan sesuatu yang besar.
2. Pilihlah sasaran-sasaran positif di dalam suatu pekerjaan, sehingga sasara-sasaran tersebut akan mengantarkan Anda untuk melakukan sesuatu yang baik.
3. Bergaul dengan orang-orang yang berpikir dan bertindak secara wirausaha, karena dengan demikian Anda akan cepat berkembang.
4. Harus selalu awas terhadap peluang-peluang untuk meningkatkan situasi baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan masyarakat.
5. Jangan takut meninggalkan ide, jika tidak menghasilkan hasil yang benar. Melakukan sesuatu hal itu adalah suatu tindakan yang lebih hebat ketimbang ragu-ragu melakukan dan tidak melakukan sama sekali.
6. Apabila lingkungan tidak memenuhi kebutuhan, maka ubahlah lingkungan itu atau pindah lingkungan lain yang positif dan memungkinkan tercapainya sasaran-sasaran yang patut diinginkan.
7. Percayalah pada bakat-bakat yang ada di dalam diri kita. Dan kembangkanlah!
8. Hilangkan beban mental dengan mengambil tindakan yang positif dan berfikir yang positif pula. Karena dengan demikian maka anda telah merubah sesuatu menjadi lebih baik.
Dengan demikian sikap mental positif akan memberikan sumbangan yang besar dalam mencapai keberhasilan.

HIKMAH



Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa dalam berbisnis diperlukan sikap mental yang kuat. Untuk mengambangkan mental seseorang dalam berbisnis maka sudah sepantasnyalah bagi seorang pebisnis untuk mempunyai sikap mental yang positif, memberikan waktu untuk merenungkan suatu pekerjaan, menggunakan imejinasi untuk untuk meluaskan pikiran, sebarlah optimisme dan suasana yang santai dengan cara yang humoris, pikiran seseorang harus fokus dan terorganisasi pada berbagai problem atau masalah yang ada. Selain diatas ada beberapa juga untuk mengambangkan sikap mental yang positif yaitu: pusatkan perhatian dan gunakan pikiran secara produktif dan juga inovatif, pilihlah sasaran-sasaran positif di dalam suatu pekerjaan, bergaul dengan orang-orang yang berpikir dan bertindak secara wirausaha, harus selalu awas terhadap peluang–peluang untuk meningkatkan situasi baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan masyarakat, jangan takut meninggalkan ide, jika tidak menghasilkan hasil yang benar, apabila lingkungan tidak memenuhi kebutuhan, maka ubahlah lingkungan itu atau pindah lingkungan lain yang positif, percayalah pada bakat-bakat yang ada di dalam diri kita dan hilangkan beban mental dengan mengambil tindakan yang positif dan berfikir yang positif pula.
Photobucket