Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

MENCIPTAKAN PELUANG USAHA

Prinsip dasar membuka peluang usaha adalah :
1. Memiliki motivasi , tekad yang bulat dan kuat.
Kemauan saja tanpa disertai dengan motivasi, tekad yang bulat dan kuat maka tidak ada keberanian untuk memulai sebuah usaha. Oleh karena itu diperlukan sekali motivasi dan tekad yang kuat.
2. Cerdas dalam teknik pengambilan resiko
Kecerdasan dalam pengambilan resiko harus dimiliki oleh seorang pengausaha, karena dalam pengambilan resiko akan sangat mempengaruhi perkembangan masa depan perusahaan. Kecerdasan dalam mengambil resiko akan mengatasi resiko tersebut.
3. Percara diri
Kepercayaan diri yang tinggi harus ada pada pebisnis, dengan percaya diri maka dia selalu yakin dengan apa yang ia lakukan tanpa ragu-ragu.
4. Memiliki wawasan luas
Wawasan yang luas sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha atau pebisnis karena dengan wawasan yang luas maka seorang pengusaha akan selalu jeli dalam melihat segala kegiatan yang ada pada perusahaan.
5. Memiliki naluri kuat
Naluri yang kuat akan membuat pebisnis selalu bertindak dengan sungguh-sungguh dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan usahanya.
6. Tidak suka diatur oleh orang lain
Sifat ini biasanya ada pada seorang pebisnis, dia mendirikan bisnis karena ia tidak suka untuk diatur-atur, bukan berarti sombong akan tetapi karena dia mempunyai kemampuan dan keahlian untuk membuat usaha sendiri.
7. Menerima pendapat orang lain.
Hal ini harus dimiliki oleh seorang pebisnis, karena dengan menerima kritikan orang lain maka akan selalu menerima jika dia berbuat salah dan tidak menginkarinya.
Strategi membuka peluang usaha adalah :
1. Jangan ragu
Jangan pernah ada keraguan dalam mengambil sikap dan tindakan, karena jika ragu maka seorang pebisnis tidak yakin dalam bertindak dan akan mempengaruhi semangat juang.
2. Menghilangkan rasa pesimis
Dalam suatu bisnis yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah rasa optimis dalam menghadapi masa depan, karena dengan optimis maka semangat juangnya akan selalu ada, akan tetapi jika ia mempunyai rasa pesimis maka semangat juang untuk menatap masa depan akan hilang. Oleh karena itu seorang pengusaha harus menghilangkan rasa pesimis yang ada pada dirinya.
3. Bangkitkan sifat optimis
Dalam menatap hari depan seorang pebisnis harus selalu membangkitkan sifat optimis agar semangat yang ada pada dirinya selalu bangkit dan berbuat untuk dirinya, masyarakat dan bangsa.
4. Berupaya menutup kelemahan perusahaan
Berusaha menutupi kelemahan usahanya adalah dengan cara bekerja semaksimal mungkin, tekun dan bekerja keras.
5. Mau belajar pada pengalaman orang lain
Mencontoh pada keadaan atau kisah orang lain yang telah sukses dan yang gagal dalam usaha, dia harus mengetahui apa sebab seseorang itu sukses dalam usaha dan dia juga harus mengetahui kenapa seseorang gagal dalam usahanya agar dia hati-hati dalam setiap melakukan tindakan.
6. Memiliki wawasan luas.
Wawasan luas mutlak harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Karena dengan wawasan yang luas maka seorang pengusaha akan selalu mempunyai ide untuk usahanya.
Identifikasi membuka peluang usaha
1. Apa saja yang bisa dijadikan usaha
2. Apa saja yang anda ketahui tentang usaha tersebut
3. Mana yang bisa Anda lakukan
4. Mana yang paling mudah Anda lakukan dan punya peluang
5. Mana yang paling mudah Anda lakukan dan senangi serta memiliki peluang besar?
Tantangan wirausaha
Seorang wirausaha dituntut untuk bisa memenuhi kriteria sebagai seorang wirausahawan, karena mereka secara manajerial dituntut untuk bisa berusaha dan mensukseskan usahanya. Tantangan tersbesar yang dihadapai oleh wirausahwan adalah kemampuan dirinya menghadapai kehidupan masa depan yang penuh persaingan dan keterbatasan-keterbatasan yang dimilikinya. Upaya yang bisa dilakukan adalah mencari beberapa potensi yang ada dengan harapan dalam gerak langkah usahanya bisa cepat berhasil. Dengan demikian diharapkan anda bisa memenuhi kriteria tersebut dan dengan sendirinya sukses akan diraihnya. Apapun tantangannya seorang pengusaha harus bisa kuat dan tegar dalam menghadapinya. Ketangguhan seorang pengusaha adalah jika dia selalu kuat dan bisa mengatasi tantanga-tantangan yang ada.

HIKMAH



Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa seorang pengusaha harus mengetahui bagaimana membuka peluang usaha. Prinsip dasar membuka peluang usaha adalah : Memiliki motivasi, tekad yang bulat dan kuat, cerdas dalam teknik pengambilan resiko, percara diri, memiliki wawasan luas, memiliki naluri kuat, tidak suka diatur oleh orang lain dan menerima pendapat orang lain. Sedangkan Strategi membuka peluang usaha adalah: jangan ragu, menghilangkan rasa pesimis, bangkitkan sifat optimis, berupaya menutup kelemahan perusahaan, mau belajar pada pengalaman orang lain dan memiliki wawasan luas. Seorang pengusaha juga harus bisa mengidentifikasi peluang usaha yang ada dan yang terpenting bagi pebisnis adalah bisa menghadapi tantangan-tantangan yang sedang dihadapinya. Apapun tantangannya seorang pengusaha harus bisa kuat dan tegar dalam menghadapinya. Ketangguhan seorang pengusaha adalah jika dia selalu kuat dan bisa mengatasi tantanga-tantangan yang ada.
Photobucket