Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

MOTIVASI DAN DISIPLIN DIRI

Ada dilema mengenai faktor terbesar yang membentuk jiwa kewirausahaan. Apakah memang jiwa kewirausahaan itu bisa dibentuk dari lingkungan sekitar atau tergantung pada bakat yang ada pada diri seseorang tersebut.
Meskipun belum tentu bisa dibenarkan, tetapi ada sedikit pemikiran yang perlu disikapi. Dari sekian banyak buku-buku yang menulis dan membahas tentang wirausaha, ternyata para ahli tersebut merasa masih ada satu hal yang diperlukan bagi seseorang untuk menjadi wirausahawan yang sukses, yaitu motivasi dan disiplin diri. Motivasi dan disiplin diri mendapatkan proporsi yang besar untuk membentuk seseorang menjadi wirausahawan sejati, selain faktor bakat dan faktor lingkungan. Artinya, belum tentu seseorang yang memiliki bakat wirausaha dapat menjadi seorang wirausahawan sejati. Seseorang yang telah banyak mengikuti kursus-kursus, pelatihan-pelatihan maupun kuliah yang membahas mengenai cara mengelola suatu bisnis atau apapun, tetap memerlukan motivasi dan disiplin diri dalam menjalankan usahanya. Motivasi dan disiplin diri merupakan faktor penting, selain faktor bakat dan lingkungan, dalam membentuk seseorang menjadi wirausahawan sejati.
Faktor lingkungan ternyata paling penting masih dapat dibagi kedalam dua hal, yaitu pengalaman dan pendidikan. Keduanya sama-sama memberikan kontribusi yang besar dalam pembentukan jiwa kewirausahaan. Dengan memiliki banyak pengalaman dan mengikuti banyak pelatihan maupun kursus yang sifatnya pendidikan, maka se­seorang barulah lengkap dapat menuju jalur kesuksesan untuk menjadi seorang wirausahawan sejati.
Motivasi yang ada pada diri seseorang sangat berpengaruh pada semangat wirausaha, oleh karena itu seseorang harus bisa memotivasi dirinya untuk menjadi wirausahawan atau pebisnis dengan cara apapun, terutama dengan pengalaman dan pendidikan yang membuat dia selalu termotivasi untuk menjadi pebisnis yang tangguh. Semua cara dilakukan boleh asal tidak melanggar etika yang telah digariskan oleh Allah swt. Baik itu dia mengikuti kursus, pelatihan, otodidak dan pendidikan ataupun berdasarkan pengalaman yang telah ia dapat.
Dalam segala hal memerlukan disiplin yang bagus dan baik. Dalam berbisnis disiplin sangat diperlukan sekali walaupun ada motivasi tinggi, mengikuti pelatihan, kursus dan mempunyai pengalaman tetapi tidak disertai dengan disiplin yang membuat dia tetap konsisten dengan apa yang telah ia perbuat dalam bsinisnya, maka semuanya akan sangat berpengarus sekali dalam perkembangan bisnis yang telah dijalani.

HIKMAH



Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa dalam berbisnis diperlukan sekali motivasi dan disiplin yang akan mempengaruhi dalam bisnis seseorang. Motivasi berfungsi untuk tetap membuat pebisnis selalu bersemangat dalam melakukan segala hal sehingga dia selalu melakukan segala hal secara optimal. Sedangkan disiplin akan membuat dia selalu melakukan tuags-tuags yang diberikan secara teratur, rapi dan tepat waktu.
Photobucket