Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

MENJALANKAN SEBUAH USAHA

Salah satu keputusan penting bagi seorang calon wirausahawan adalah keputusan untuk memulai usaha. Keputusan ini diambil setelah melihat dan mempelajari berbagai fakta yang ada dan terjadi dalam kehidupan usaha. Berangkat dari fakta bisnis dibuatlah rencana usaha dengan mengacu pada tingkat kelayakan usaha yang akan dijalankan. Memulai suatu usaha dengan konsep untung-untungan sangat berbahaya. Memulai usaha yang sudah dengan perencanaan dan studi yang matang saja masih sering ditemui kegagalan, apalagi kalau kita untung-untungan karena latah. Namun demikian kita tidak bisa menyangkal bahwa ada wirausahawan yang berhasil dari usaha yang untung-untungan, tetapi prosentasenya sangatlah kecil. Hal ini sangat terkait erat dengan sikap mental wirausahawan itu sendiri.
Dalam memulai suatu usaha baru, sebenarnya ada empat syarat yang harus diperhatikan oleh seorang wirausahawan agar terhindar dari kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Empat syarat itu biasa dikenal dengan sebutan “Empat K”, yaitu :
Memulai sebuah usaha baru à“Empat K”, yaitu :
1 KONDISI
Dalam memulai usaha, tidak ada perusahaan yang berhasil dengan kondisi yang salah. Jadi, berbisnislah dengan keadaan dan tempat yang tepat atau pada kondisi yang tepat. Sebagai contoh : Sebuah perusahaan yang menjual peralatan listrik yang mencoba menjual produknya di daerah yang belum terjangkau aliran listrik, jelas yang terjadi adalah perusahaan itu gagal dalam penjualan. Sebuah perusahaan menjual pupuk pada tempat orang yang banyak menjadi nelayan maka dagangannya akan kurang peminatnya.
2 KAPITAL
Pada saat mulai usaha dibutuhkan uang, uang itu disebut modal atau kapital. Modal itu digunakan dari usaha masih dalam perencanaan sampai usaha benar-benar dijalankan. Dari mana modal itu didapat? Bagaimana cara mendapatkannya? Oleh karena itu sangat dibutuhkan modal untuk mendirikan sebuah usaha ataupun lembaga.
3 KAPASITAS
Seseorang yang melibatkan diri dalam dunia usaha, harus mampu mengelola dan menjalankan usaha itu. Sering dikatakan perkembangan usaha kecil sangat ditentukan oleh kapasitas orang yang mengelola dan menjalankannya. Seseorang apabila kapasitasnya tidak memadai baik secara manajerial maupun mental, dimungkinkan akan tidak berhasil. Kemampuan seseorang harus sesuai dengan usaha yang ia dirikan bukan menyalahinya. Karena jika menyalahi kapasitasnya sendiri yang tidak sesuai dengan usahanya akan mempengaruhi usahanya tersebut.
4 KARAKTER
Karakter ini menyangkut watak atau pembawaan dari wirausaha itu sendiri. Ternyata survey membuktikan bahwa memang ada hubungan antara karakter pelaku usaha (wirausahawan) dengan pertumbuhan usahanya. Dalam hal ini, watak/karakter pengusaha itu sangat berpengaruh terhadap usahanya. Karakter pengusaha ini sebaiknya memungkinkan terselenggarakannya usaha ke arah pertumbuhan dan perkembangan usaha. Berusahalah berkarakter yang baik sehingga usaha yang dijalankan diharapkan baik pula.
Suasana kerja yang harmonis, nyaman dan bergairah tercipta tidak terlepas dari perilaku pimpinan usaha. Karakter pengusaha akan tercermin dari suasana kerja.
Apapun kemungkinan yang akan terjadi, namun yang terpenting adalah Anda mengambil keputusan untuk segera memulai usaha, bagaimanapun kondisi Anda. jangan lagi menunda-nunda kesempatan, ambil sikap.
Selain dari penjelasan diatas akan dijelaskan sedikit tentang bagaimana menjalankan sebuah usaha.
· Miliki gambaran yang jelas transaksi keuangan
· Tentukan titik impas (bep)
· Usahakan biaya material semurah-murahnya
· Hilangkan segala sesuatu yang tidak berguna
· Usahakan untuk memperoleh laba besar
· Pajanglah produk anda secara menarik
· Usahakan setiap pembeli menjadi langganan tetap
· Kontrollah piutang anda
· Jalankan à go

HIKMAH



Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa untuk menjalankan usaha yang terpenting adalah empat syarat untuk kesuksesan sebuah usaha: kondisi, kapital, kapasitas dan karakter. Selain empat syarat tersebut ada kiat-kiat untuk menjalankan sebuah usaha: Miliki gambaran yang jelas transaksi keuangan, tentukan titik impas (bep), usahakan biaya material semurah-murahnya, hilangkan segala sesuatu yang tidak berguna, usahakan untuk memperoleh laba besar, pajanglah produk anda secara menarik, usahakan setiap pembeli menjadi langganan tetap dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga pelanggan ataupun pembeli puas, Kontrollah piutang anda dan Jalankan GO!
Photobucket