Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

ENTREPRENEURSHIP

1 Sikap positif wirausaha
Seorang wirauasahawan harus mempunyai sikap positif yang bisa mengembangkan usaha ataupun bisnis yang sedang digelutinya, agar usahanya bisa berkembang dengan baik. Sikap positif disini adalah sikap yang baik bagi perusahaannya, untuk karyawannya dan untuk konsumen ataupun pelanggan.
2 Tingkatkan motivasi berprestasi.
Dalam berbisnis diperlukan sekali motivasi untuk berprestasi agar segala kegiatan bisnis bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Dan bagi para pebisnis sudah seharusnya untuk meningkatkan motivasi untuk selalu berprestasi dalam bisnis yang sedang digelutinya.
3 Kemampuan memimpin ( leadership)
Seorang Manajer dalam suatu bisnis atau seorang pebisnis harus bisa memiliki kemampuan untuk bisa memimpin usaha yang ia geluti agar dia bisa mengambil keputusan yang tepat dan bersikap bijaksana.
4 Teknik pengambilan resiko
Seorang wirausahawan harus mahir dalam teknik mengambil resiko. Dalam pengambilan resiko harus dipertimbangkan matang-matang apa yang sebaiknya dilakukan dan dengan keputusan yang sebijaksana mungkin untuk mengurangi kerugian yang bakal terjadi dikemudian hari.
5 Teknik pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan harus dipertimbangkan sesuai dengan keadaan perusahaan, hati-hati, teliti dan tepat serta bijaksana dalam memutuskan sesuatu.
6 Merencanakan usaha
Perencanaan yang bagus dan baik akan mempengaruhi perkembangan usaha yang sedang dijalani. Diperhitungkan semua kegiatan perusahaan. Menentukan visi dan misi bisnis serta tujuan bisnis, menentukan produk atau jasa yang akan dijual, menentukan pasar/segmentasi pasar yang akan diraih, memperkirakan biaya yang akan dibutuhkan dan memperhitungkan sumberdaya yang kita miliki untuk membangun suatu bisnis.
7 Menjalankan sebuah usaha
Perencanaan yang baik tanpa adanya realisasi tidak ada gunanya atau sia-sia, oleh karena itu dalam menjalankan usaha selain harus sesuai dengan perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Dalam menjalankan usaha harus ada empat hal: kondisi, kapital, kapasitas dan karakter.
8 Mempertahankan usaha
Untuk mempertahankan sebuah usaha ada beberapa yang harus dimilki oleh pebisnis adalah mengembangkan etos (semangat) kerja, jadikan diri anda sebagai orang yang bisa dipercaya, ketahuilah penyebab kegagalan usaha Anda, milikilah falsafah hidup, menciptakan jaringan kerja dan jaringan usaha, berusaha untuk menjadi yang terdepan dan jangan berorientasi pada uang semata.
SIKAP POSITIF WIRAUSAHA

1 Disiplin
2 Kredibilitas
3 Berbuat Jujur
4 Tekun dan ulet
5 Niat dan Berdoa
6 Bertanggungjawab
7 Tabah dan istiqomah
8 Memiliki energi dan stamina yang tinggi
TINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI

Bagaimana Berprestasi ?
1. Kemampuan (Competence)
Kemampuan bisa kita dapatkan dari belajar dan latihan. Belajar bisa kita dapatkan dari bangku kuliah ataupun belajar secara otodidak begitu juga latihan bisa dari kursus ataupun teman dan bisa belajar sendiri.
2. Kemauan (Willingness)
Dorongan dan kemauan keras untuk mencapai tujuan akan menimbulkan semangat yang besar dalam mencapai tujuan.
KEMAMPUAN MEMIMPIN
(LEADERSHIP)
1 Kemampuan konseptual (conceptual skill)
2 Kemampuan hubungan kemanusiaan (human skill)
3 Kemampuan teknis (technical skill)
TEKNIK PENGAMBILAN RESIKO
Dalam teknik pengambilan resiko ada beberapa kriteria yang harus kita pertimbangkan diantaranya adalah:
1 Untung besar , resiko besar
2 Untung kecil resiko kecil
3 Untung besar resiko kecil
TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1 Masalahnya apa?
Dalam mengambil keputusan kita harus tahu masalah apa yang ada yang harus kita putuskan dalam sebuah usaha.
2 Penyebabnya apa?
Dari masalah tersebut kita harus mencari penyebab terjadinya masalah tersebut.
3 Persoalannya apa saja?
Penyebab-penyebab yang menyebabkan persolan itu terjadi harus kita ketahui untuk bisa mengidentifikasi masalah sesungguhnya.
4 Alternatifnya apa saja?
Kita harus menemukan banyak alternatif untuk memecahkan masalah tersebut. Sehingga kita tidak kehabisan ide untuk memecahkan masalah yang ada.
5 Solusinya bagaimana?
Setelah kita mengetahui banyak alternatif baru kita pecahkan atau kita cari solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada pada usaha kita.
MANAJEMEN STRATEGI
1 Merencanakan usaha
2 Menjalankan usaha
3 Mempertahankan usaha
Dalam pembahasan manajemen strategi ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya yang membahas satu persatu.

HIKMAH
Untuk membangun sikap wirausaha dibutuhkan sikap-sikap yang baik diantaranya adalah sikap positif wirausaha, tingkatkan motivasi berprestasi, kemampuan memimpin ( leadership), teknik pengambilan resiko, teknik pengambilan keputusan, merencanakan usaha, menjalankan sebuah usaha dan mempertahankan usaha. Sikap positif seorang wirausahawan adalah disiplin, kredibilitas, berbuat Jujur, tekun dan ulet, niat dan berdoa, bertanggungjawab, tabah dan istiqomah serta memiliki energi dan stamina yang tinggi. Teknik dalam pengambilan resiko ada beberapa kriteria yang harus kita pertimbangkan diantaranya adalah: Untung besar resikonya besar, Untung kecil resiko kecil dan Untung besar resiko kecil. Sedangkan teknik pengambilan keputusan adalah masalahnya apa?, penyebabnya apa?, Persoalannya apa saja?, Alternatifnya apa saja? Dan Solusinya bagaimana?
Photobucket