Memiliki usaha Beresiko tapi tidak memiliki Usaha lebih Beresiko
Franchise terpercaya, Lebih dari 200 Cabang di seluruh indonesia

Minggu, 25 Juli 2010

LEADERSHIP

Seorang wirausahawan adalah Boss bagi perusahaannya. Seorang Boss yang berhasil selalu melengkapi dirinya dengan kemampuan kepemimpinan. Memimpin berarti memotivasi orang, atau dengan perkataan lain kemampuan untuk mengubah potensi menjadi realitas.
Dalam perusahaan, aspek kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting ; dan cara seseorang memimpin dapat membawa perusahaan berhasil atau gagal. Tujuan perusahaan tercapai atau tidak tercapai sangat bergantung dari kepemimpinan. Seorang wirausahawan yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang cakap, akan membawa perusahaan mencapai setiap tujuan yang ditetapkan.
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa kemampuan kepemimpi-nan meliputi tiga aspek, yaitu :
1. Kemampuan konseptual (Conceptual skill)
2. Kemampuan hubungan kemanusiaan (Human skill) dan
3. Kemampuan teknis (Technical skill)
Pada tataran tertentu kemampuan dasar tersebut diperlukan dengan prosentase yang kecil, namun pada tataran lain dengan prosentase yang tinggi, artinya tidak semua skill ini dibutuhkan dalam proporsi yang sama untuk taraf kepemimpinan.
Dalam sebuah bisnis selain dasar pemimpin diatas pemimpin juga harus mempunyai jiwa kepemimpinan, dimana seorang harus mempunyai sikap-sikap sebagai seorang pemimpin yang baik bukan sebagai pemimpin yang tidak baik yang hanya mementingkan pribadi. Pemimpin harus bersikap bijaksana dalam memutuskan segala hal, bijaksana dalam mengambil sikap. Harus jujur dan dapat dipercaya, kejujuran mutlak harus ada pada seorang pemimpin, tanpa adanya kejujuran maka akan menghancurkan kepemimpinannya dan juga usahanya. Kepercayaan adalah awal dari keberhasilan suatu usaha.
Adil adalah sifat yang sangat diharapkan oleh setiap orang untuk seorang pemimpin. Tidak ada kesewenang-wenangan kepada yang lemah dan mementingkan orang yang kuat atau orang yang bisa menghasilkan keuntungan bagi usahanya, bersikap pilih kasih adalah sikap yang sangat tidak terpuji bagi seorang pemimpin. Amanah dan fathanah harus juga dimiliki oleh pemimpin yang baik. Amanah dalam melakukan setiap pekerjaannya dan fathanah dalam memimpin usahanya, kecerdasan seorang pemimpin adalah kesuksesan bagi usahanya.

HIKMAH



Penjelasan ini memberikan pelajaran pada kita bahwa seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan konseptual (Conceptual skill), kemampuan hubungan kemanusiaan (Human skill) dan kemampuan teknis (Technical skill). Dan juga jiwa kepemimipinana yang mempunyai sifat-sifat yang terpuji diantaranya adalah Bijaksana, jujur dan dapat dipercaya, adil, amanah dan fathanah
Photobucket